Penjelasan Ciri-ciri Jamur Tempe Beserta Manfaatnya Saat Mengonsumsinya

Ciri-ciri Jamur pada Tempe - Jamur pada tempe atau sering dikenal dengan istilah kapang tempe menjadi sebuah unsur penting sebagai pembentukan butir-butir kedelai yang padat sehingga menjadi sebuah makanan. Jamur yang biasa digunakan dalam proses pembuatan tempe ini masuk ke dalam klasifikasi jamur tempe Zygomycota yang seperti serabut putih mirip kapas dan bersekat.

Sama halnya dengan jenis jamur tiram, Tempe ini merupakan salah satau makanan pokok yang populer selain kaya akan protein nabati, di Indonesia sendiri tempe menjadi makanan yang sangat mudah ditemukan di pasar, warung atau penjual sayur keliling.

ciri-ciri jamur tempe
ciri-ciri jamur tempe

Selama ini kita hanya mengetahui bentuk dan rasa yang dihasilkan oleh tempe saja, namun apakah kamu mengetahui bagaimana proses tempe terbentuk? Ya, tentunya tempe terbentuk karena adanya proses yang dinamakan fermentasi terhadap kedelai dan memanfaatkan penggunaan jamur untuk membantu proses dari pembentukan tempe itu sendiri.

Klasifikasi Jamur Tempe

Ada beberapa klasifikasi jamur tempe yang memiliki nama latin Rhizopuz Oryzae yang merupakan salah satu mikro organisme semi saprofit dan anaerob. Jamur tempe memiliki salah satu karakteristik utama yaitu misellium yang tidak bersekat dan merupakan salah satu ciri dari ordo Mucoraceae. Berikut klasifikasi jamur tempe:

Terdiri dari:

  • Misellium
  • Sporangiophore
  • Sporangium
  • Spora yang menjadi alat perkembang biakannya.
Klasifikasi jamur tempe

  • Kingdom         : Fungi
  • Divisio             : Zygomycota
  • Class                : Zygomycetes
  • Ordo                : Mucorales
  • Familia            : Mucoraceae
  • Genus              : Rhizopus
  • Species            : Rhizopus oryzae

Habitat Jamur Tempe

Berikut ini akan penulis jelaskan mengenai habitat jamur tempe:
  • Hidup di habibat darat
  • Saat jamur tempe masih muda, hifanya bercabang banyak namun tidak mempunyai sekat saat sudah berumur hifanya akan bersekat.
  • Miselliumnya mempunyai 3 tipe hifa diantaranya : rhizoid (hifa yang menembus substrat dan berfungsi untuk menyerap makanan), stolon (hifa yang membentuk jaringan di permukaan substrat seperti roti), , sporangiofor (tangkai sporangium)
  • Jamur tempe mempunyai dua cara berkembang baik atau reproduksi jamur tempe yaitu dengan vegetatif dan generatif. Jika vegetatif membuat sporangium dan menghasilkan spora. Sedangkan generatif dengan bergabungnya dua hifa.

manfaat jamur tempe
manfaat tempe

Manfaat Jamur Tempe Bagi Tubuh

Adapun beberapa manfaat dari jamur tempe bagi tubuh, sebagai berikut:

Sebagai Sumber Protein

Sumber protein yang dihasilkan oleh jamur tempe ini sangat bermanfaat bagi tubuh, selain diubah menjadi energi, zat protein yang terkandung dapat dipecah menjadi beberapa zat yang berguna bagi tubuh.

Sumber Vitamin B12 Nabati

Tempe menjadi salah satu makanan yang mempunyai kandungan vitamin B12 yang bersumber dari nabati. Vitamin B12 sendiri sangat bermanfaat agar tubuh tidak mudah pusing, lemas, letih, lesu, daan mudah lelah.

Sebagai Antioksidan

Di dalam tempe juga terdapat suatu zat yang bernama antioksidan dalam bentuk isoflavon. Seperti halnya vitamin C, E, dan karotenoid, isoflavon juga merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas.

Antioksidan ini disintesis pada saat terjadinya proses fermentasi kedelai menjadi tempe oleh bakteri Micrococcus luteus dan Coreyne bacterium.

Penelitian yang diselenggarakan di Universitas North Carolina, Amerika Serikat menemukan bahwa genestein dan fitoestrogen yang terdapat pada tempe ternyata dapat mencegah kanker prostat dan payudara.

Kaya akan Kalsium

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Malaysia bahwa tempe mempuunyai salah satu sumber kalsium. Kalsium ini bermanfaat bagus untuk pertumbuhan dan tulang. Sehingga banyak mengonsumsi tempe juga dapat disandingkan dengan beberapa gelas meminum susu sapi.

Itulah ciri-ciri jamur tempe, klasifikasi jamur tempe, dan manfaat jamur tempe bagi orang yang mengonsumsinya. Apakah kamu suka tempe? Jika iya, dapat dipastikan agar 4 sehat 5 sempurna kami tercukupi dengan baik. Semoga Bermanfaat.


Rate this article

Getting Info...

Posting Komentar

Copyright ©Seputar Ilmu Bermanfaat - All rights reserved.

Redesign by protemplates
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details