Inilah Jenis-jenis Contoh Mesin Kantor Beserta Penjelasan Lengkapnya

 Contoh Mesin Kantor - Ada yang disebut fasilitas kantor dalam operasional kantor. Fasilitas kantor ini membantu dalam memulai dan menyelesaikan banyak tugas di tempat kerja. Fasilitas kantor ini mungkin termasuk alat tulis, mesin kantor, dan sebagainya.

Ada berbagai jenis mesin kantor yang dapat digunakan. Mesin kantor sendiri merupakan salah satu penunjang pekerjaan kantor. Tidak adanya mesin kantor atau kurang lengkapnya maka dapat menurunkan produktivitas atau kegiatan.

contoh mesin kantor beserta penjelasannya
contoh mesin kantor

Nah sebelum melangkah lebih jauh mengenai berbagai jenis mesin kantor, maka baiknya kamu ketahui terlebih dahulu perihal pengertian mesin kantor.

Pengertian Mesin Kantor

Mesin kantor adalah salah satu alat bantu yang diperlukan untuk melakukan suatu tugas dengan baik adalah mesin yang digunakan di kantor. Perangkat mekanik, listrik, dan magnetik merupakan tulang punggung setiap kantor administrasi, dan mesin kantor adalah peralatan yang digunakan untuk mengumpulkan, merekam, dan memproses bahan, data, atau informasi.

Mesin yang dapat merekam, mentransmisikan, menyalin, dan memproses informasi secara fisik, elektrik, magnetis, atau kimia semuanya dianggap mesin kantor oleh The Liang Gie (2008: 3).

Menurut Yatimah (2008:303) yang dimaksud dengan “mesin kantor” adalah segala alat yang dapat digunakan untuk merekam, menggandakan, dan mengolah kata-kata secara sistematis, baik itu alat mekanik, elektrik, elektronik, magnet, maupun kimia.

Mesin kantor mencakup perangkat mekanis, listrik, atau magnetik yang digunakan untuk mengumpulkan, merekam, memproses, mereplikasi, atau mengirimkan data untuk suatu organisasi (Wursanto, 2004, hlm. 88).

Manfaat Mesin Kantor

  • Membantu tugas dan operasi kantor sehari-hari
  • Mengurangi kompleksitas dan meningkatkan efisiensi di tempat kerja. 
  • Meraih potensi dan kesenangan penuh pekerjaan Anda. Dalam kapasitas peralatan dan perlengkapan kantor

Keuntungan Mesin Kantor

Menurut Sedarmayanti (2009:52), berikut ini adalah keuntungan dan kerugian menggunakan peralatan kantor. Manfaat Menggunakan Mesin Kantor:
  • Ketika digunakan secara efisien dan sesuai kebutuhan, ia berpotensi menghemat uang.
  • Dapat membantu Anda menghemat energi dan waktu.
  • Kontrol atas presisi dan akurasi mudah dilakukan.
  • Pengawasan sederhana.
  • Dapat menciptakan sesuatu yang lebih baik dan lebih estetis.
  • Data yang dimuat mungkin berisi informasi tambahan.
  • Jika dibandingkan dengan tulisan tangan, itu bisa mengurangi kebosanan.
  • Dapat meminimalkan kelelahan karyawan dan dengan demikian meningkatkan kualitas kerja.
Selain keuntungan, ada juga kelemahan menggunakan teknologi perkantoran, antara lain sebagai berikut:

1. Jenis mesin tertentu memiliki tingkat penyusutan yang tinggi.
2. Peralatan tertentu memiliki biaya perolehan dan pemeliharaan yang signifikan.
3. Sulit untuk menemukan operator mesin yang memenuhi syarat, dan melatih mereka mahal.
4. Fleksibilitas teknologi mesin tertentu terkadang sulit diperoleh dan diterapkan.
5. Peralatan tertentu sulit dirawat dan diperbaiki jika terjadi kerusakan.

Contoh dan Jenis Mesin Kantor Beserta Penjelasannya

1. Mesin fotokopi

Mesin fotokopi adalah mesin kantor yang berfungsi sebagai mesin fotokopi. Mesin ini merupakan alat pengganda yang cukup berguna.

Mesin fotokopi semacam ini dapat digunakan kapan pun diperlukan untuk menggandakan kertas. Selanjutnya, dokumen atau skrip dapat dengan cepat direplikasi dalam jumlah yang sesuai dalam waktu yang cukup singkat sambil mempertahankan informasi asli.

2. Mesin Diftafon

Mesin diftafon yang sering disebut mesin dikte atau mesin imla merupakan salah satu jenis mesin kantor. Mesin dictaphone digunakan untuk merekam huruf kata demi kata dari dikte, yang dilakukan secara perlahan, sehingga seorang karyawan dapat merekam kata tersebut menjadi tulisan.

3. Mesin tik

Mesin tik adalah peralatan kantor yang digunakan untuk mengetik kata atau huruf pada lembaran kertas. Mesin ketik yang dapat digunakan di kantor-kantor dikelompokkan menjadi beberapa macam, yaitu:

a. Sebuah mesin tik berbasis as diklasifikasikan menjadi dua kategori: mesin tik dengan kait (as) dan mesin tik tanpa as.
b. Berbasis mesin tik: dipisahkan menjadi tiga kelompok: huruf tongkat mesin tik, bola huruf, dan roda huruf.
c. Dibagi menjadi dua jenis berdasarkan susunan kuncinya: mesin ketik ideal dan mesin ketik universal.
d. Dibagi menjadi dua macam berdasarkan tenaga penggeraknya yaitu mesin ketik manual dan mesin ketik elektrik.
e. Berdasarkan ukuran bodinya, mesin ketik diklasifikasikan menjadi standar, semi standar, atau portabel.
f. Ukuran font: ada tiga jenis mesin tik: pica, elite, mikro, dan PS (Proportional Spacing).

4. Komputer

Komputer dapat digambarkan sebagai mesin kantor multifungsi. Perangkat komputer berjalan dengan listrik dan memiliki berbagai kemampuan penanganan data. Selain itu, selain memproses data mesin, komputer dapat digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah besar.

5. Pembuat stensil

Salah satu alat fotokopi dokumen yang masih banyak digunakan dalam bisnis saat ini adalah mesin stensil. Ada dua jenis mesin stensil berdasarkan cara kerjanya: mesin stensil manual dan mesin stensil listrik.

6. Perangkat pemindai

Mesin pemindai juga terdiri dari mesin pengganda, yang dapat menyalin ulang berbagai prosedur, kondisi, atau sifat fisik selembar kertas dengan merekamnya pada lembar induk.

Mesin pemindai berfungsi mirip dengan mesin fotokopi karena dapat menyalin dokumen. Bedanya, pada salinan dari mesin pemindai, letaknya di samping bukan di bawah dokumen aslinya.

7. Mesin duplikator

Mesin duplikator adalah semacam peralatan kantor yang digunakan sebagai alat pengganda untuk mereplikasi skrip dalam jumlah besar sesuai kebutuhan. Mesin duplikator roh menggunakan salinan master (lembar master) di baliknya yang mana lembaran karbon tertentu ditempatkan untuk mereplikasi naskah.

8. Mesin Faks

Mesin faks, juga dikenal sebagai mesin telecopier, dapat mengirim data dari satu komputer dan langsung mencetaknya di lokasi lain, baik yang dekat atau jauh, bahkan lintas negara.

Mesin faks kadang-kadang dikenal sebagai mesin fotokopi karena dapat mengirimkan informasi atau dokumen ke beberapa lokasi dalam waktu singkat.

9. Pencetak offset

Mesin offset adalah jenis peralatan pencetakan yang menggunakan master yang disebut pelat untuk mentransfer surat ke selimut. Mesin offset diklasifikasikan menjadi tiga jenis berdasarkan ukuran dan kemampuannya: mesin offset kecil, sedang, dan besar.

10. Mesin teleks

Mesin teleks adalah salah satu perangkat atau peralatan kantor yang dapat digunakan sebagai pengirim berita jarak jauh atau mesin pengirim berita untuk mengangkut berita dari satu lokasi ke lokasi lain, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Demikian mengenai contoh mesin kantor beserta penjelasan lengkapnya. Semoga dapat menambah pemahaman serta ilmu yang berguna bagi teman-teman. Terimakasih sudah berkunjung.

Rate this article

Getting Info...

Posting Komentar

Copyright ©Seputar Ilmu Bermanfaat - All rights reserved.

Redesign by protemplates
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details